Skripsi Manajemen Pariwisata: Pengembangan Destinasi Wisata Kabupaten Bandung

Pendahuluan

Kabupaten Bandung merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki potensi wisata yang cukup besar. Namun, potensi wisata tersebut belum sepenuhnya termanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, salah satu topik yang menarik untuk dibahas dalam skripsi manajemen pariwisata adalah pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung.

1. Latar Belakang

Kabupaten Bandung memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik, seperti gunung, air terjun, dan tempat bersejarah. Namun, masih banyak wisatawan yang belum mengetahui potensi wisata tersebut. Selain itu, infrastruktur wisata yang kurang memadai juga menjadi kendala dalam pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung.

2. Tujuan dan Manfaat

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung, serta untuk merumuskan strategi pengembangan destinasi wisata yang efektif. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai panduan bagi pemerintah dan pelaku wisata dalam mengembangkan destinasi wisata di Kabupaten Bandung.

3. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dengan berbagai pihak terkait, seperti pemerintah daerah, pelaku wisata, dan masyarakat setempat. Data juga diperoleh melalui observasi langsung di lokasi wisata.

4. Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung adalah infrastruktur, promosi, kualitas pelayanan, dan partisipasi masyarakat. Strategi pengembangan destinasi wisata yang efektif adalah dengan melakukan peningkatan infrastruktur, meningkatkan promosi dan pemasaran, meningkatkan kualitas pelayanan, serta melibatkan masyarakat dalam pengembangan destinasi wisata.

5. Kesimpulan

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung memerlukan peran aktif dari pemerintah daerah, pelaku wisata, dan masyarakat setempat. Dengan melakukan peningkatan infrastruktur, meningkatkan promosi dan pemasaran, meningkatkan kualitas pelayanan, serta melibatkan masyarakat dalam pengembangan destinasi wisata, diharapkan potensi wisata Kabupaten Bandung dapat termanfaatkan dengan baik.

FAQ

1. Apa saja destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Bandung?

Beberapa destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Bandung antara lain Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, dan Trans Studio Bandung.

2. Apa kendala dalam pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung?

Kendala dalam pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung antara lain infrastruktur yang kurang memadai dan minimnya promosi dan pemasaran.

3. Bagaimana strategi pengembangan destinasi wisata yang efektif di Kabupaten Bandung?

Strategi pengembangan destinasi wisata yang efektif di Kabupaten Bandung adalah dengan melakukan peningkatan infrastruktur, meningkatkan promosi dan pemasaran, meningkatkan kualitas pelayanan, serta melibatkan masyarakat dalam pengembangan destinasi wisata.

4. Apa manfaat dari pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung?

Manfaat dari pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung adalah meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, serta memperkenalkan potensi wisata Kabupaten Bandung ke dunia internasional.

5. Bagaimana peran masyarakat dalam pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung?

Peran masyarakat dalam pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung adalah melalui partisipasi dalam pengelolaan wisata, seperti menjadi pemandu wisata, membuka warung makan, dan melakukan pengelolaan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *