Destinasi Wisata Tahura Lapak Jaru

Menikmati Keindahan Alam di Tahura Lapak Jaru

Tahura Lapak Jaru merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang begitu indah dan menyejukkan hati. Wisatawan yang datang ke Tahura Lapak Jaru dapat menikmati keindahan hutan dan juga air terjun yang sangat menakjubkan.

Sejarah Tahura Lapak Jaru

Tahura Lapak Jaru memiliki sejarah yang cukup menarik. Dahulu, tahura ini merupakan kawasan hutan lindung yang dikelola oleh pemerintah. Namun, pada tahun 2000, tahura ini diresmikan sebagai kawasan wisata alam. Sejak itu, destinasi wisata ini semakin dikenal oleh masyarakat dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Lokasi dan Akses ke Tahura Lapak Jaru

Tahura Lapak Jaru terletak di Desa Karangtawang, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Untuk mencapai destinasi wisata ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jarak dari pusat kota Kuningan ke Tahura Lapak Jaru sekitar 20 kilometer. Untuk menuju ke lokasi, wisatawan harus melewati jalan yang cukup menantang karena medannya yang terjal dan berkelok-kelok.

Keindahan Alam di Tahura Lapak Jaru

Sesampainya di Tahura Lapak Jaru, wisatawan akan dihadapkan dengan keindahan alam yang sangat memukau. Destinasi wisata ini memiliki hutan yang sangat lebat dan hijau. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan air terjun yang begitu menakjubkan. Terdapat beberapa air terjun di Tahura Lapak Jaru yang dapat dinikmati, antara lain Air Terjun Kandang Jaran, Air Terjun Cipari, dan Air Terjun Bajing. Keindahan alam Tahura Lapak Jaru memang tidak bisa dipungkiri.

Spot Foto Instagramable di Tahura Lapak Jaru

Bukan hanya keindahan alam yang menjadi daya tarik utama Tahura Lapak Jaru. Destinasi wisata ini juga memiliki spot foto yang sangat instagramable. Salah satu spot foto yang paling populer di Tahura Lapak Jaru adalah batu berbentuk hati yang berada di atas air terjun. Selain itu, wisatawan juga dapat berfoto di bawah pohon rindang yang lebat atau di tepi sungai yang tenang.

Wisata Edukasi di Tahura Lapak Jaru

Di Tahura Lapak Jaru, wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan alam yang memukau, tetapi juga dapat belajar mengenai keanekaragaman hayati yang ada di destinasi wisata ini. Terdapat beberapa kegiatan wisata edukasi yang disediakan di Tahura Lapak Jaru, seperti trekking, camping, dan juga outbound.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Tahura Lapak Jaru

Harga tiket masuk ke Tahura Lapak Jaru tergolong cukup terjangkau. Wisatawan hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang untuk masuk ke dalam kawasan wisata ini. Selain itu, di Tahura Lapak Jaru juga terdapat berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh wisatawan, seperti tempat parkir, toilet, dan juga warung makan.

Keamanan di Tahura Lapak Jaru

Tahura Lapak Jaru sangat aman untuk dikunjungi oleh wisatawan. Pihak pengelola destinasi wisata telah menyediakan petugas keamanan yang siap siaga untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan. Selain itu, wisatawan juga diharapkan untuk mematuhi aturan yang berlaku di Tahura Lapak Jaru demi menjaga kebersihan dan keamanan kawasan wisata ini.

Catatan Penting bagi Wisatawan yang Akan Berkunjung ke Tahura Lapak Jaru

Sebelum berkunjung ke Tahura Lapak Jaru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wisatawan. Pertama, jangan lupa membawa perlengkapan dan pakaian yang sesuai dengan kondisi medan yang cukup menantang. Kedua, hindari membuat kebisingan yang berlebihan atau membuang sampah sembarangan di kawasan wisata ini. Ketiga, patuhi aturan yang berlaku di Tahura Lapak Jaru dan jangan merusak keindahan alam yang ada di sana.

Kesimpulan

Tahura Lapak Jaru merupakan destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang memukau, spot foto yang instagramable, dan juga kegiatan wisata edukasi yang disediakan tentu akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Namun, sebelum berkunjung ke Tahura Lapak Jaru, pastikan untuk memperhatikan catatan penting yang telah disebutkan di atas. Selamat berlibur!

FAQ

1. Apakah Tahura Lapak Jaru cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak?

Iya, Tahura Lapak Jaru cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak. Namun, pastikan untuk selalu menjaga keselamatan dan jangan membiarkan anak-anak bermain di dekat air terjun atau tempat yang berbahaya.

2. Apakah di Tahura Lapak Jaru tersedia penginapan?

Tidak, di Tahura Lapak Jaru tidak tersedia penginapan. Namun, wisatawan dapat membawa tenda dan ber-camping di kawasan wisata ini.

3. Apa yang harus dibawa saat berkunjung ke Tahura Lapak Jaru?

Wisatawan disarankan untuk membawa pakaian yang sesuai dengan kondisi medan yang cukup menantang, alas kaki yang nyaman, dan juga perlengkapan seperti jaket, topi, dan kacamata hitam. Jangan lupa membawa air minum dan camilan ringan.

4. Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Tahura Lapak Jaru?

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Tahura Lapak Jaru adalah pada musim kemarau atau bulan April hingga September. Pada musim ini, air terjun di Tahura Lapak Jaru akan lebih jernih dan menyegarkan.

5. Apakah ada biaya tambahan untuk penggunaan fasilitas di Tahura Lapak Jaru?

Tidak ada biaya tambahan untuk penggunaan fasilitas di Tahura Lapak Jaru. Semua fasilitas yang tersedia di sana sudah termasuk dalam harga tiket masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *